About Us

Perusahaan yang fokus bergerak pada bidang Logistik jasa pengiriman dan pindahan kantor. Dibawah bendera PT.Harddies Group Indonesia, kami berusaha memberikan harga yang kompetitif, responsif, komunikatif dan selalu berbenah guna meningkatkan pelayanan kepada customer.

Contact Us

Fungsi Utama Gudang dalam Dunia Cargo Ekspedisi

26 Juli 2022

Harddies Cargo – Di dalam dunia ekspedisi gudang memiliki peran penting agar barang yang diterima oleh perusahaan jasa pengiriman bisa didata dengan baik. Selain itu, gudang juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan dan pengiriman barang yang sudah diterima. Tidak hanya memiliki dua fungsi itu, gudang juga memiliki fungsi sebagai terminal konsolidasi.

Yang dimaksud dengan terminal konsolidasi adalah warehouse berfungsi sebagai tempat berkumpulnya barang yang berasal dari berbagai macam lokasi (produsen di suatu daerah) untuk dikirimkan ke lokasi lain (konsumen di suatu kota). Bisa dibilang juga disini warehouse memiliki peran penting untuk mengatur keluar masuknya barang sebelum dikirimkan ke lokasi masing-masing.

Biasanya perusahaan jasa ekspedisi tidak hanya menangani satu konsumen saja, bisa mencapai dua bahkan tiga pelanggan. Oleh karena itu peran gudang sangat penting bagi perusahaan jasa ekspedisi karena bisa dijadikan tempat persinggahan barang sebelum dikirimkan kepada pelanggan.

Berikutnya adalah fungsi warehouse sebagai pusat distribusi. Ini dimaksudkan gudang sebagai tempat mengumpulkan barang yang sudah diterima dari beberapa pengirim untuk segera didistribusikan kepada penerima di berbagai macam lokasi. Dengan fungsi ini biaya pengiriman diklaim akan lebih murah dibandingkan dengan pengiriman langsung dari lokasi asal menuju lokasi tujuan.

Yang ketiga adalah warehouse sebagai tempat break-bulk operation. Break-bulk diartikan sebagai proses memecah barang besar menjadi barang yang lebih kecil. Jika proses ini dikaitkan dengan gudang di dalam dunia ekspedisi bisa diartikan sebagai proses untuk memecah barang yang bervolume besar menjadi bagian kecil. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya pengiriman dan tidak memakan tempat yang begitu banyak.

Baca Juga:  Jasa Ekspedisi Jakarta Batam Aman dan Terpercaya

Baca juga : Cara Aman Kirim Barang Elektronik dengan Safety Packing

Misalnya saja pengiriman barang dari suatu pabrik dengan volume yang besar dan memakan tempat. Sebelum barang itu dikirim, pasti di warehouse jasa pengiriman ekspedisi jika dimungkinkan barang tersebut akan dipecah atau dibagi menjadi beberapa bagian kecil. Tujuannya untuk memperkecil volume barang dan membuat banyak jarak di dalam armada pengiriman.

Fungsi gudang sebagai tempat in-transit mixing. Apa maknanya? Dalam hal ini gudang berfungsi sebagai tempat untuk mengkombinasikan suatu barang. Sehingga ketika sampai ke pelanggan, barang yang diterima sudah terkombinasi dengan baik. Sebagai contoh adalah pabrik X menghasilkan berbagai macam produk. Dan pelanggannya meminta barang yang dihasilkan pabrik X dikombinasikan sehingga pelanggan bisa memasarkan banyak produk dari pabrik X.

Namun in-transit mixing biasanya terjadi di warehouse dari pabrik tersebut. Jadi ketika barang yang sudah dikombinasikan tersebut sudah siap dikirim, pihak jasa pengiriman tinggal melakukan pengiriman ke lokasi yang dituju. Namun tidak menutup kemungkinan juga kegiatan in-transit mixing dilakukan di gudang penyimpanan jasa ekspedisi.

Yang terakhir adalah gudang sebagai tempat cross-dock operation. Maknanya adalah warehouse digunakan sebagai tempat untuk langsung mengirimkan barang dari satu titik lokasi penjemputan ke lokasi pengiriman. Sebagai contoh warehouse pabrik X langsung mengirimkan barangnya ke resellernya di suatu lokasi tertentu tanpa melalui gudang penyedia layanan ekspedisi.

Baca Juga:  Ekspedisi Murah Jakarta ke Kabupaten Pelalawan Aman dan Terpercaya

Jangan khawatir dan bingung lagi untuk mendapatkan jasa cargo terbaik saat ini, pilih jasa cargo yang sudah teruji dan berkualitas. Harddies Cargo adalah pilihan yang tepat untuk solusi pengiriman cargo Anda. Silahkan kunjungi alamat kantor kami di :

Kantor Pusat Jakarta :

Jl.Kampung Bali 1 No.53 Tanah Abang

Tanah Abang, Jakarta Pusat

HP/WA : 082192555042 / 081296363178

Bagi Anda yang ingin berkonsultasi ataupun mempercayakan pengiriman cargo dengan kami, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui tombol whatsapp berikut ini :

Harddies Cargo sudah lama sekali fokus pengiriman barang dari Jakarta ke seluruh Indonesia selama bertahun- tahun, jadi dapat kami pastikan tidak perlu ragu lagi dengan kredibilitas perusahaan ini. Kami akan bertanggungjawab penuh atas amanah yang Kamu bagikan, dalam artian akan melindungi sebaik mungkin barang kiriman agar sampai tujuan.

Dapatkan promo tarif pengiriman paling murah dari yang lain. Klik dibawah ini